AKM 2020

By Administrator 12 Agu 2021, 15:02:24 WIB Seputar Madrasah
AKM 2020

Gambar : AKM 2020


 

Rabu 04 Maret 2020, sebanyak 28 guru MTs Plus darul ‘Ulum mengikuti kegiatan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Mereka adalah para guru yang mengajar pada mapel UN dan UAMBN. Kegiatan ini dilaksanakan di Laburatorium Komputer 01 MTs Plus Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang dan serentak dilaksanakan d seluruh MTsN/MTsS se-Indonesia

Simulasi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) bagi guru merupakan sebuah refleksi diri bagi semua guru bahwa cara dan metode yang selama ini mereka gunakan belum berjalan maksimal sehingga pencapaian hasilnya juga belum maksimal. Simulasi AKM bagi guru bukan bertujuan untuk menguji kemampuan guru dalam menguasai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian ataupun kompetensi sosialnya.

Simulasi AKM bagi guru adalah sebagai penyadaran kembali bahwa ada sesuatu yang tertinggal dalam proses pembelajaran selama ini sehingga para siswa kita kurang kompetitif dalam belajar dan berkarya. Simulasi AKM bagi guru juga sangat bermanfaat bagi peningkatan dan kreativitas para guru dalam berkarya dan berinovasi sehingga menghasilkan guru-guru yang inovatif, kreatif dan kompetitif. Guru yang kreatif, inovatif dan kompetitif akan berbanding lurus dengan siswa yang dididiknya.

Para peserta AKM mengerjakan soal di komputer setelah mendapat username dan password dari Puspendik Depdikbud. Ada dua sesi soal, setiap sesi terdapat 11 soal – 30 soal dengan waktu mengerjakan masing-masing 30 menit.

Soal AKM ini tidak ada berhubungan dengan mapel tertentu maupun guru mapel tertentu, soalnya berbentuk penalaran bahasa dan penalaran matematika bagi kelompok usia milenial. Bentuk soal AKM guru ini hampir sama dengan bentuk soal AKM sudah diperkenalkan kepada siswa yang mengikuti simulasi UN senin-selasa (02-03/3) kemarin, sehingga ada kemungkinan pula bentuk-bentuk soal tersebut juga akan keluar saat UN utama nantinya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment